Selamat Datang di Website Resmi Nagari Ulakan

Artikel

Nagari Ulakan terima kunjungan Studi Tiru dari Desa di Provinsi Riau

18 Maret 2021 17:32:16  Zalya Hanifah, S.Pd  64 Kali Dibaca  Berita Desa

Ulakan News, Semakin hari Nagari Ulakan semakin di lirik oleh Nagari/Desa lain untuk dijadikan sebagai objek Studi Tiru. Sebelumnya Nagari Ulakan mendapatkan kunjungan studi tiru dari kelurahan Ekor Lubuk dengan Desa Wisata Kubu Gadangnya. Kali ini Nagari Ulakan kembali mendapat kunjungan yang bahkan berasal dari luar Provinsi Sumatera Barat. Rombongan yang melakukan studi tiru kali ini adalah Desa Pongkai Istiqomah kecamatan XIII Koto Kampar kabupaten Kampar Provinsi Riau yang melakukan kunjungan pada hari Kamis (18/3).

Rombongan sendiri terdiri dari Kepala Desa Pongkai Istiqomah, Bapak H. Elvizon Toni, S.H, beserta perangkat Desa, Ketua BPD Pongkai Istiqomah beserta anggota, Pendamping Desa Kecamatan XIII Koto Kampar, Ibuk Melda Piliang, Direktur BUMDES Harapan Negeri, Bapak Ali Usman, S.Pd.i beserta anggota Serta niniak mamak, alim ulama dan tokoh lainnya.

Selain itu hadir pula dalam kegiatan ini Yaitu Kepala Bagian pengembangan kepariwisataan Disparpora kabupaten Padang Pariaman, Ibuk Rukmawati yang didampingi oleh PJ. Wali Nagari Ulakan, bapak Irmanto,S.E, Ketua Bamus Ulakan, Syahrul Mubarak, S.Pd, Direktur Bumnag Pesisir Ulakan Madani, Ady Kurniawan serta anggota Pokdarwis Green Talao Park Nagari Ulakan.

Bapak Irmanto Selaku Wali Nagari Ulakan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dari desa Pongkai Istiqomah ke Nagari Ulakan.

"Saya selaku Wali Nagari Ulakan mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari bapak-bapak dan ibuk-ibuk semuanya. Semoga ini menjadi awal dari silahturahmi kita yang hendaknya bisa berlanjut". Sambutnya.

Selaras dengan bapak Wali Nagari, Ibuk Rukmawati yang mewakili Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga kabupaten Padang Pariaman menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan untuk memilih Nagari Ulakan, umumnya Padang Pariaman untuk menjadi lokasi kunjungan Studi Tiru.

"Kami mewakili Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga kabupaten Padang Pariaman juga Pemerintahan kabupaten Padang Pariaman mengucapkan selamat datang kepada Rombongan Desa Pongkai Istiqomah ke Padang Pariaman. Terima kasih karena telah memiliki daerah kami untuk menjadi Lokasi kunjungan Studi Tiru untuk desa Bapak- bapak dan Ibuk-ibuk. Semoga silahturahmi kita terus berlanjut ke depannya". Sambut ibuk Rukma selaku Kabag Pengembangan Pariwisata tersebut.

Bapak Ali Usman Selaku direktur Bumdes Harapan Negeri menyampaikan terima kasih atas sambutan dari pemerintahan Nagari beserta dari Dinas.

"Kami mengucapkan terima kasih atas sambutannya kepada kami. Sungguh suatu kebanggaan bisa disambut langsung oleh bapak-bapak dan ibuk-ibuk semuanya. Semoga kita bisa bekerjasama dengan baik". Ujar Pak direktur.

"Kita memang mendapat rekomendasi dari DPMD untuk melakukan Studi Tiru ke Nagari Ulakan karena prestasi Bumnag disini cukup baik. Mohon informasi yang lengkap untuk kami terapkan di desa kami nantinya." Tambahnya.

Lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Desa Pongkai Istiqomah yang menyampaikan persoalan yang dihadapi oleh Desa Pongkai Istiqomah yang mungkin bisa didapatkan solusi untuk pengembangan desa kami Kedepannya. 

"Kami di Desa Pongkai Istiqomah juga memiliki pariwisata namun itu semua dikelola oleh swasta sehingga tidak ada menghasilkan PAD untuk Desa, jadi kami mintak semua ilmu dari Pengurus Bumnag Pesisir Ulakan Madani beserta Pemerintahan Nagari untuk berbagai pengalaman sehingga bisa memiliki kawasan yang ada saat ini. Bagaimana peranan dari Nagari serta niniak mamak sebelum Green Talao Park ini ada". Sahutnya.

Syahrul Mubarak yang hadir ketika itu juga memberikan sambutan sekaligus menjadi permintaan dari Kepala Desa Pongkai Istiqomah tadi tentang bagaimana cara bisa memiliki kawasan wisata seperti saat ini dan bagaimana peranan pemerintahan Nagari serta niniak mamak yang ada di sini.

"Menurut saya inti dari semua itu adalah berilah kepercayaan kepada seluruh masyarakat untuk berinovasi dan berpandangan, terutama Pemudanya. Kami di Nagari Ulakan bisa berkembang hingga saat ini karena Pemerintahan Nagari mau menampung dan menyerap aspirasi pemuda. Pemuda itu adalah aktor dari kegiatan itu, sementara orang dewasa itu adalah pembinanya yang memberikan binaan apabila pemuda itu keliru". Ujar Ketua Bamus tersebut.

"Kita harus merubah pola pikir kita yang terlalu kaku dan berpandangan pemuda hanya sebatas masyarakat kampung yang tidak punya andil dan wewenang dalam pengembangan Nagari. Dan inilah yang telah dilakukan oleh Nagari Ulakan. Alhamdulillah kita sudah bertekad untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Nagari dengan tema "Evolusi Persepsi Menuju Nagari Ulakan Mandiri" yang akan kita optimalkan pelaksanaannya." Tambahnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari Bumnag Pesisir Ulakan Madani tentang historis dan perjalanan Green Talao Park menjadi produk andalan dari Unit Badan Usaha Milik Nagari.

"Kita berupaya meningkatkan kualitas pelayanan terhadap wisatawan dengan melahirkan inovasi-inovasi baru yang disusun oleh pemuda yang tergabung dalam satuan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) berupa penyusunan paket wisata minat khusus yang akan kita launching. Kita sudah berkoordinasi dengan pihak Disparpora kabupaten tentang paket tersebut dan Alhamdulillah disetujui kecuali satu paket yang masih membutuhkan kajian dan persiapan yang matang". Ujar Direktur Bumnag sebelum menutup presentasi.

Selanjutnya Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi lalu makan siang bersama dan dilanjutkan dengan berkeliling Kawasan Green Talao Park Nagari Ulakan. (SM)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Back Next

Sinergi Program

Pemkab Siak Sipakem
Layanan Pengaduan Prodeskel Kominfo

Wilayah Nagari

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : JL. Syekh Burhanuddin, Korong Pasar Ulakan
Nagari : Ulakan
Kecamatan : Ulakan Tapakis
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25572
Telepon : (0751) 7005035
Email : ulakannagari@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:116
    Kemarin:53
    Total Pengunjung:22.923
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel