Selamat Datang di Website Resmi Nagari Ulakan

Artikel

Green Talao Park terima studi Komparatif pertama tahun 2021 dari Desa Wisata Kubu Gadang

17 Januari 2021 21:03:46  Zalya Hanifah, S.Pd  59 Kali Dibaca  Berita Desa

Ulakan News, Mengawali tahun 2021, Green Talao Park Nagari Ulakan menerima kunjungan Studi Komparatif pertama tahun 2021 dari Desa Wisata Kubu Gadang, Minggu pagi (17/01). Kubu Gadang adalah salah satu destinasi wisata unggulan Sumatera Barat yang terletak di Kelurahan Ekor Lubuk, kecamatan Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang. Selain itu, Kubu Gadang juga merupakan desa Wisata Terbaik Sumatera Barat dalam Ajang GIPI Award 2020 yang di umumkan di bulan November tahun lalu.

Kunjungan kali ini merupakan kunjungan balik setelah sebelumnya Nagari Ulakan yang berkunjung ke Desa Kubu Gadang pada akhir tahun 2020 kemarin. Selain itu, kunjungan kali ini juga berbagai informasi dari masing-masing Wisata tentang penerapan Community Based Tourism (CBT).

Kunjungan desa wisata Kubu Gadang sendiri di inisiatori oleh Yuliza Zen yang merupakan Founder Desa Wisata Kubu Gadang sekaligus mantan ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Kubu Gadang. Ia juga merupakan mantan pemuda Pelopor tahun 2017 lalu.

Rombongan sendiri di pimpin langsung oleh Bapak Lurah kelurahan ekor lubuk, Berserta para datuk, niniak mamak dan bundo kanduang Serta Pokdarwis Se-kelurahan Ekor Lubuk dengan jumlah Rombongan kurang lebih 80 orang.

Selain itu, hadir juga bapak Camat Padang Panjang Timur, Bapak Doni Rahman, M.Pd datuak Simarajo beserta keluarga.

Rombongan sendiri di sambut oleh Direktur Bumnag Pesisir Ulakan Madani, Bapak Ady Kurniawan Selaku Founder Green Talao Park Nagari Ulakan beserta Sekretaris Nagari Ulakan, ibuk Wirnelis, M.Pd.E bersama Kasi Pemerintahan Nagari Ulakan dan perangkat lainnya. Tak lupa pula Hadir Syahrul Mubarak, S.Pd selaku Ketua Bamus Ulakan sekaligus Ketua Pokdarwis Green Talao Park beserta anggota Pokdarwis.

Kegiatan sendiri diadakan di Gazebo Serbaguna Green Talao Park. Kegiatan dimulai dengan Sambutan dari Sekretaris Nagari Ulakan, yang mewakili Wali Nagari Ulakan yang pada saat bersamaan ada kegiatan di luar.

Dalam sambutannya, Sekretaris Nagari mengucapkan selamat datang di Nagari Ulakan. 

"Selamat datang kami ucapkan kepada bapak lurah kelurahan ekor lubuk beserta rombongan ke Nagari Ulakan khususnya ke Green Talao Park. Terima kasih atas kunjungannya, semoga silahturahmi kita terus berlanjut untuk kedepannya". Imbuhnya.

Senada dengan Sekretaris Nagari, Ady Kurniawan Selaku pembawa acara juga mengungkapkan terima kasih atas kepercayaan Untuk memilih Green Talao Park Nagari Ulakan sebagai tempat Studi Komparatif Desa Wisata Kubu Gadang.

"Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak lurah beserta rombongan atas kepercayaan Untuk memilih Green Talao Park sebagai tujuan Studi Komparatif. Ini merupakan kebanggaan tersendiri karena dikunjungi oleh Desa Wisata Terbaik di Sumatera Barat". Ungkapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sepatah kata dari Founder Desa Wisata Kubu Gadang, Yuliza Zen yang merupakan mantan Pemuda Pelopor Sumatera Barat tahun 2017 itu.

"Terima kasih atas sambutan yang luar biasa oleh pemerintah Nagari Ulakan, Khususnya untuk pengelola Green Talao Park. Untuk saat ini siapa yang tidak kenal dengan Green Talao Park? Wisata yang sedang di perbincangkan di media sosial dan juga wisata dengan omset yang luar biasanya di masa pandemi".  Ungkapnya.

Selaras dengan Yuliza Zen, bapak Lurah kelurahan ekor lubuk juga menyampaikan ungkapan yang 

"Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh Pemerintahan Nagari Ulakan terutama Green Talao Park. Alhamdulillah, ini adalah pertemuan kita yang kedua setelah sebelumnya kita berjumpa di kelurahan Ekor Lubuk dalam kegiatan yang sama namun lokasi yang berbeda. Tahun lalu Nagari Ulakan yang berkunjung, sekarang kami dari Ekor Lubuk yang berkunjung ke Ulakan. Semoga ini awal baik untuk komunikasi kita kedepannya". Pungkasnya dengan semangat .

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan oleh direktur Bumnag Pesisir Ulakan Madani terkait perjalanan Green Talao Park hingga saat ini.

"Green Talao Park mulai gagas dari 2016 dengan pembuatan Rabat beton. Namun waktu itu belum bernama Green Talao Park, masih bernama Pasia Kambia Tigo. Dan Alhamdulillah tahun 2019 melalui program PIID-PEL KEMENDESA PDTT RI, kita mendapatkan dana sebesar 1.315.500.000 , dari inilah Nama GreenTalao Park kita buat. Selain itu kita juga melakukan sistem pentahelic dan kolaborasi masyarakat bersama pemerintah yang padu padan melahirkan inovasi yg sama sama dirasakan manfaatnya saat ini. Alhamdulillah akhir tahun lalu kita tutup buku dengan pemasukan kotor sebesar 470 juta rupiah". Jelasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi terkait pemaparan yang dilakukan oleh Direktur Bumnag tadi dan juga seputaran pelaksanaan Community Based Tourism (CBT) fmdi Green Talao Park.

Di tengah diskusi, bapak Camat Padang Panjang Timur juga menyampaikan sepatah kata sebelum acara usai.

"Nagari Ulakan adalah Nagari yang luar biasa karena memiliki pemuda yang gigih dan hebat seperti ini. Ditambah lagi juga memiliki potensi alam yang luar biasa. Semoga Green Talao Park menjadi lebih maju lagi". Ungkapnya 

Terakhir, sepatah kata dari Ketua Bamus Nagari Ulakan di sesi akhir diskusi.

"Green Talao Park lahir atas kepercayaan pemerintahan Nagari Ulakan kepada para pemudanya. Pemuda bebas berkreativitas dan mengeluarkan ide-idenya. Dan Nagari mendukung akan hal itu. Terima kasih kami ucapkan kepada Pemerintahan Nagari Ulakan atas kepercayaan, insya Allah kami dari Bamus akan membuat kebijakan yang nantinya akan bisa membantu Pengelola untuk terus mengembangkan potensi Nagari Ulakan kedepannya". Tuturnya di akhir diskusi.

Setelah acara diskusi usai, rombongan makan siang bersama. Lalu dilanjutkan dengan berkeliling Kawasan Green Talao Park dan menikmati wahana permainan di lapangan hijau Green Talao Park. Kedua pihak sepakat untuk Kedepannya kerja sama dua destinasi ini akan disusun melalui paket paket wisata,baik dari Green Talao Park maupun kubu gadang demi warna dan inovasi baru kegiatan kepariwisataan di sumatera barat.

(SM_Panyalai/Ak_91)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Back Next

Sinergi Program

Pemkab Siak Sipakem
Layanan Pengaduan Prodeskel Kominfo

Wilayah Nagari

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : JL. Syekh Burhanuddin, Korong Pasar Ulakan
Nagari : Ulakan
Kecamatan : Ulakan Tapakis
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25572
Telepon : (0751) 7005035
Email : ulakannagari@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:32
    Kemarin:45
    Total Pengunjung:25.157
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel