Selamat Datang di Website Resmi Nagari Ulakan  

Dimasa Pandemi Covid-19, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata di Desanya

Zalya Hanifah, S.Pd | 15 September 2020 11:41:25 | Berita Lokal | 26 Kali

Oleh : Feni Julia Salsa

Kuliah kerja nyata yang biasa dikenal dengan singkatan KKN, merupakan bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh berbagai institusi pendidikan sebagai salah satu implementasi dalam mewujudkan tri dharma perguruan tinggi. KKN yang diselenggarakan perguruan tinggi, biasanya akan menyebarkan mahasiswa ke beberapa desa maupun wilayah yang masih perlu dikembangkan. Namun, berbeda dengan tahun ini, sejak pandemi Covid-19 melanda berbagai negara termasuk Indonesia, program KKN yang bertujuan untuk mengembangkan masyarakat tidak dapat dilaksanakan sebagaimana pelaksanaan tahun sebelumnya.

Merujuk kepada Kebijakan Pemerintah Republik Indonesia, melalui Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang menetapkan pada masa pandemi Covid-19 bahwa kebijakan proses belajar mengajar dilakukan secara daring. Dalam menyikapi kebijakan tersebut, Universitas Bung Hatta sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di LLDIKTI Wilayah X, PTS terbaik se-Sumatera dan peringkat 83 untuk PTN dan PTS se-Indonesia, dengan cepat melakukan penyesuaian terutama dalam proses pembelajaran mahasiswa. Hampir semua mata kuliah terutama yang bersifat intra kurikuler diselenggarkan secara daring/virtual/ online dalam proses pembelajarannya, termasuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa.

Berdasarkan hal tersebut, program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa di Universitas Bung Hatta pada tahun 2020 ini dilakukan secara daring. Jenis KKN yang dipilih adalah KKN Tematik Penanggulangan Bencana dengan tema khusus upaya memutus mata rantai penyebaran Pandemi COVID-19 ditengah masyarakat, dikenal juga dengan nama KKN Tematik Penanggulangan Bencana Covid-19 yang disingkat dengan KKN TPB COVID-19. Program KKN yang dilakukan secara daring ini lebih memfokuskan pada kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan secara individu oleh mahasiswa pada daerah tempat tinggal masing-masing.

Salah satu mahasiswa Universitas Bung Hatta, yang bernama Feni Julia Salsa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Dia merupakan peserta kelompok 41 KKN Tematik Penanggulangan Bencana Covid-19, yang didampingi oleh dosen pembimbing lapangan Ir. Mas Eriza, MP dengan koordinator dosen pembimbing lapangan  Dr. H. Muslim Tawakal, M.Pd., untuk melaksanakan KKN di nagari Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Feni berinovasi melaksanakan KKN secara daring dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, untuk berpartisipasi dalam menyebarkan informasi mengenai Covid-19 berupa video edukasi dan poster digital semenarik mungkin. Kemudian disebarkan melalui sosial media, agar informasi tersebut tersampaikan dan mudah dipahami oleh masyarakat.

Program kerja yang dilaksanakan yaitu sosialisasi daring tips belajar nyaman dari rumah selama pandemi Covid-19, sosialisasi poster pencegahan penularan Covid-19 sebagai edukasi kepada siswa SMAN 1 Ulakan Tapakis secara daring, sosialisasi poster pencegahan penularan Covid-19 di masyarakat secara daring, pembuatan hand sanitizer alami sebagai antiseptik alternatif , dan pembuatan disinfektan sebagai antisipasi pencegahan penularan Covid-19 bagi masyarakat.

Sejak diberlakukannya pembelajaran daring saat pendemi Covid-19 ini, memberi berbagai dampak kepada guru maupun siswa. Materi yang disampaikan oleh guru secara daring, kurang mampu diserap dengan baik oleh siswa karena terbatasnya ruang diskusi. Sehingga siswa terkendala mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Selain itu, siswa mudah merasa bosan akibatnya menimbulkan rasa malas belajar oleh siswa, apalagi ketika kurangnya perhatian orang tua untuk mendampingi anak belajar dari rumah.

 

Untuk itu, Feni mengadakan sosialisasi daring tips belajar nyaman dari rumah selama pandemi Covid-19, melalui grup whatsapp yang diikuti oleh 137 peserta terdiri dari Siswa SMAN 1 Ulakan Tapakis mulai dari kelas X sampai kelas XII yang berasal dari jurusan IPA dan IPS atas kerjasama dengan gurunya. Usai sosialisasi tersebut, salah satu siswa yang bernama Milli Safira menyimpulkan bahwa,“ Semasa belajar dirumah sebaiknya kita tidak menumpukan tugas yang diberikan guru. Tetap tenang, karena ketika kita panik akan berdampak negatif pada diri kita sendiri. Kita harus menghibur diri kita agar tidak bosan ketika belajar dirumah dan mencari tempat nyaman untuk belajar agar kita mudah berkonsentrasi.

Selain itu, Feni juga mengadakan sosialisasi poster pencegahan penularan Covid-19, sebagai edukasi kepada siswa SMAN 1 Ulakan Tapakis secara daring. Pada kesempatan ini diikuti oleh 100 peserta yang juga terdiri dari Siswa SMAN 1 Ulakan Tapakis, mulai dari kelas X sampai kelas XII yang berasal dari jurusan IPA dan IPS atas kerjasama dengan gurunya. Program ini bertujuan sebagai edukasi kepada siswa SMAN 1 Ulakan Tapakis agar siswa mengetahui gejala, larangan dan pencegahan penularan Covid-19 serta paham dengan hal-hal penting yang harus di terapkan selama pandemi Covid-19 melanda.

Tidak hanya kepada siswa, Feni juga melakukan sosialisasi poster pencegahan penularan Covid-19 di masyarakat secara daring melalui whatsapp, facebook, dan instagram, dengan menitik beratkan dalam penerapan protokol kesehatan masyarakat di era new normal. Program ini bertujuan untuk mengajak dan menghimbau masyarakat agar lebih peduli dan mampu menerapkan protokol kesehatan yang harus di patuhi selama new normal dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.

Feni juga membuat video menarik mengenai pembuatan hand sanitizer alami, sebagai antiseptik alternatif dan pembuatan disinfektan sebagai antisipasi pencegahan penularan Covid-19 bagi masyarakat. Video ini diunggah pada akun youtobe, facebook dan instagramnya telah ditonton dan dishare oleh orang lain. Sehingga jangkauan video tersebar lebih luas dan bisa bemanfaat bagi masyarakat.

Masyarakat sebaiknya selalu senantiasa menjaga kebersihan tangan, salah satu alternatif antiseptik alami yang bisa dibuat sendiri oleh masyarakat dengan bahan yang mudah ditemukan yakni dengan menggunakan ekstrak daun sirih dan jeruk nipis. Selain pembuatannya yang mudah, hand sanitizer alami ini juga efesien untuk dibawa berpergian.

Penggunaan disinfektan juga bisa untuk mencegah penularan Covid-19, dengan adanya video tutorial pembuatan disinfektan masyarakat bisa menerapkannya dirumah masing-masing. Video ini sebagai bentuk untuk mengedukasi masyarakat dalam antisipasi pencegahan penularan Covid-19. Semakin peduli masyarakat untuk selalu mencegah penularan Covid-19, maka semakin kecil kemungkinan terpapar covid-19.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Nagari

Back Next

Sinergi Program

Pemkab Siak Sipakem
Layanan Pengaduan Prodeskel Kominfo

Wilayah Nagari

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator Nagari untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : JL. Syekh Burhanuddin, Korong Pasar Ulakan
Nagari : Ulakan
Kecamatan : Ulakan Tapakis
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25572
Telepon : (0751) 7005035
Email : ulakannagari@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung